Minggu, 03 April 2011

TEMPAT WISATA BANTEN SELATAN

Pulo Manuk misalnya, i salah satu objek menarik di kawasan Perum Perhutani Unit III (Jabar-Banten) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten Bagian Bayah Kec. Bayah, Kab. Lebak. Disebut Pulo Manuk dalam artian Pulau Burung, karena lokasi ini sejak berabad-abad menjadi tempat singgah dan berkumpulnya burung.

Pulo Manuk, tempat persinggahan burung dari perjalanan antarbenua Australia, Asia, dan Afrika. Berbagai burung, singgah di sini setiap September-Oktober. Mereka melakukan migrasi ke berbagai tempat.

Burung itu datang dari Australia, Pulau Christmas, Jabar-Banten, Sumatra, dan Madagaskar Afrika. Namun kebanyakan, yang singgah burung laut, yang selama ini memang memiliki kemampuan jelajah terbang jarak jauh.

Daya tarik Pulo Manuk bukan sekadar berkumpulnya para burung. Ini ditambah dengan kebiasaan masyarakat setempat, yang biasa ramai-ramai mengayak impun (ikan kecil) dari pantai Pulo Manuk, pada tanggal 25 setiap bulan.

Tak jarang, saat kondisi air sedang surut, masyarakat pun bermain-main ke Pulo Manuk, dengan berjalan kaki menyusur karang. Namun saat kondisi air sedang pasang tak ada masyarakat ke sana, apalagi ombak Laut Kidul memang besar.

Keberadaan Pulo Manuk tak hanya sebagai objek wisata menarik, tapi juga identik dengan jejak sejarah kancah Perang Dunia II di Kawasan Banten tahun 1942-1945. Di sejumlah lokasi, terdapat beberapa tempat sisa pertambangan batubara, makam romusha, serta tempat tinggal enam orang man tan romusha yang sampai kini masih hidup.

Rute menuju Pulo Manuk, bisa ditempuh dua cara dengan jalan relatif baik, dapat ditempuh dari arah Kab. Sukabumi. Mulai Pelabuhanratu-Cisolok-Cipicung-Cikotok-Bayah dan dari Serang-Pandeglang-Malingping-Bayah Banten sekira 3 jam. Perjalanan menuju lokasi memang agak melelahkan, namun cukup terhapus dengan ruas jalan yang relatif mulus dan pemandangan sekitar terutama panorama laut dan panorama perkebunan.

Menurut Asper Bayah, Ita, jika dilihat dari potensi, objek ini tampaknya dapat dijadikan sarana wisata ilmiah, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. Namun sejauh ini belum belum teroptimalkan, sehingga Pulo Manuk masih menjadi objek wisata lokal.

0 komentar:

Posting Komentar

SEJARAH DUNIA © 2008 Template by:
SkinCorner