Sabtu, 22 Januari 2011

PLANET BARU

Wow! Planet Baru dari Galaksi Lain Masuk ke Lingkaran Bima Sakti

Tribunnews.com - Sabtu, 20 November 2010 11:43 WIB
Wow! Planet Baru dari Galaksi Lain Masuk ke Lingkaran Bima Sakti
AP Photo/Hasan Jamali
Planet baru yang berasal dari galaksi lain dan masuk ke galaksi Bima Sakti
107Share   
TRIBUNNEWS.COM - Sebuah planet yang sangat panas, berputar sangat cepat, dan bergasditemukan di sebuah orbit planet yang berada di ujung galaksi Milky Way (Bima Sakti) dan merupakan planet yang ditemukan di luar galaksi tersebut.

Seperti dilansir AFP, pekan ini, planet tersebut memiliki ukuran seperti Yupiter, planet terbesar dalam sistem tata surya, dan baru saja ditemukan di orbit sebuah bintang yang berjarak 2.000 tahun perjalanan cahaya.

Planet ini dipercaya sebagai bagian dari arus Helmi, sebuah kelompok gugusan bintang yang tetapi ada saat sejumlah galaksi kecil dibentuk dilahap Milky way sekitar enam sampai sembilan miliar tahun lalu.

"Penemuan ini sungguh menggembirakan," kata Rainer Klement, dari Max Planck Institute for Astronomy. "Karena ini melibatkan sebuah penemuan yang luar biasa dan tak ada konfirmasi mengenai planet lain di galaksi lain. Tetapi kosmik ini menyatukan dan membuat planet dari galaksi lain masuk dalam jangkauan," jelasnya.

Para ahli astronomi berhasil menemukan lokasi planet yang diberi nama HIP 13044 b. Untuk menemukan planet ini para ahli menggunaka teleskop berkekuatan luar biasa yang dimiliki European Southern Laboratory di La Silla Observatory, Chile, dengan altitude 2.400 meter dan letaknya 600 kiloemeter arah ibu kota Santiago.

1 komentar:

khaerul muhtadi mengatakan...

ada yang lebih heboh lagi ngga...???

Posting Komentar

SEJARAH DUNIA © 2008 Template by:
SkinCorner