Sabtu, 08 Januari 2011

NEGARA TERMAJU

Para pemimpin G8 saat ini adalah:
 Kanada — Perdana Menteri Stephen Joseph Harper
 Perancis — Presiden Nicolas Sarkozy
 Jerman — Kanselir Angela Dorothea Merkel
 Italia — Perdana Menteri Silvio Berlusconi
 Jepang — Perdana Menteri Yukio Hatoyama
 Rusia — Presiden Dmitry Anatolyevich Medvedev
 Britania Raya — Perdana Menteri David Willian Donald Cameron
 Amerika Serikat — Presiden Barack Obama
 Uni Eropa — Presiden Dewan Eropa, Presiden Komisi Eropa dan Presiden Parlemen Eropa
Direktur Dana Moneter Internasional (IMF)
[sunting]
Latar belakang dan sejarah

G8 berakar dari krisis minyak 1973 dan resesi dunia yang terjadi selanjutnya. Masalah-masalah ini membuat Amerika Serikat mendirikan kelompok bernama Library Group, sebuah perkumpulan para pejabat keuangan senior dari Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang, untuk mendiskusikan masalah-masalah ekonomi. Pada 1975, Presiden Perancis Valéry Giscard d'Estaing mengundang para kepala negara enam negara demokratis besar yang maju ke pertemuan G6 yang pertama di Rambouillet dan menawarkan ide untuk adanya pertemuan tetap. Para peserta setuju terhadap rencana pertemuan tahunan dengan jabatan kepresidenan kelompok tersebut yang bergilir, dan mendirikan apa yang dinamakan G6 (Kelompok Enam) yang terdiri dari Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Amerika Serikat, dan Britania Raya. Pada pertemuan kedua di Puerto Riko, G6 menjadi G7 dengan masuknya Kanada.

Setelah berakhirnya Perang Dingin, pada 1991 Rusia (saat itu masih Uni Soviet) mulai bertemu dengan G7 setelah pertemuan utama. Sejak pertemuan tahun 1998 di Birmingham, Rusia diizinkan untuk turut serta lebih banyak, menandai terciptanya G8. Meskipun begitu, Rusia tidak mengikuti pertemuan untuk para menteri keuangan karena negara tersebut masih bukan merupakan kekuatan ekonomi yang besar.
[sunting]
Struktur dan kegiatan

G8 tidak didukung oleh pemerintahan transnegara, berbeda dari organisasi-organisasi seperti PBB atau Bank Dunia. Jabatan presiden G8 digilirkan antar negara-negara anggota setiap tahun, dengan masa bakti yang dimulai pada 1 Januari.

Pertemuan para menteri yang berasal dari bidang-bidang seperti kesehatan, penegakan hukum, dan tenaga kerja mendiskusikan masalah-masalah yang menjadi kekhawatiran antara negara anggota atau dunia. Dari seluruh pertemuan para menteri tersebut, yang paling terkenal adalah G7, yang membicarakan masalah keuangan.
[sunting]
Lihat pula
Pertemuan Puncak G8 ke 33
Forum Sosial Dunia
G20
Anti globalisasi
[sunting]
Pranala luar
(en) University of Toronto - Pusat Informasi G8
(en) BBC News - Profil: G8[sembunyikan]
l • b • s
Negara anggota Kelompok 8 (G8)

Anggota     Amerika Serikat •  Britania Raya •  Italia •  Jepang •  Jerman •  Kanada •  Perancis •  Rusia

Perwakilan tambahan     Uni Eropa


Kategori: Organisasi internasional | G8

0 komentar:

Posting Komentar

SEJARAH DUNIA © 2008 Template by:
SkinCorner